Essential oil atau minyak atsiri adalah minyak yang mengandung aroma (esensi) tanaman dari mana minyak tersebut berasal. Seperti minyak (esensial) cengkeh contohnya. Ini adalah essential oil yang dihasilkan dari ekstrak tanaman cengkeh (syzygium aromaticum).

Minyak ini sering digunakan untuk aromaterapi dan digunakan juga untuk memberikan aroma pada obat. Indonesia dan Madagaskar adalah dua contoh negara penghasil minyak cengkeh terbesar di dunia.

Selain minyak cengkeh, masih ada ratusan essential oil lainnya yang bisa dengan mudah kita temukan dan beli di toko offline maupun online.

Bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan seputar macam-macam essential oil dan fungsinya, Anda bisa melihat ulasan singkat mengenai beberapa jenis minyak atsiri di bawah ini.

Essential oil lavender

  • Bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stres, membantu tidur lebih nyenyak, dan memberikan ketenangan pada pikiran. Jika Anda kerap merasa stres atau sering kesulitan tidur di malam hari (insomnia), oleskan saja sedikit minyak esensial lavender di sekitar leher atau hirup dalam-dalam. Anda juga bisa mengambil manfaat minyak ini dengan menambahkan satu atau dua tetes ke dalam bathtub yang berisi air hangat sebelum digunakan untuk berendam.
  • Bermanfaat untuk menenangkan kulit akibat terbakar sinar matahari atau akibat luka bakar. Oleskan 2-3 tetes lavender essential oil pada luka bakar ringan untuk mengurangi rasa sakit pada luka bakar.
  • Mengatasi gatal akibat gigitan serangga. Gigitan nyamuk lebah, atau berbagai macam serangga lainnya yang dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal bisa diatasi dengan menggunakan minyak lavender.
  • Bermanfaat untuk menyehatkan payudara. Sebuah penelitian di Iran pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam journal Nutrition and Cancer menyebutkan bahwa minyak lavender bisa membantu membunuh sel kanker payudara. Di sisi lain, minyak ini tidak akan menyebabkan kematian sel-sel yang sehat.

Oil kemenyan atau frankincense oil

Frankincense essential oil adalah salah satu essential oil tertua di bumi yang hingga saat ini masih banyak digunakan karena kaya akan manfaat. Diantara manfaat essential oil kemenyan adalah:

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mencegah infeksi, mempercepat proses penyembuhan, mengatasi kanker, mengurangi rasa cemas, dan menyehatkan kulit serta mengurangi jerawat.

Sebuah penelitian di Inggris (University of Leicester) menemukan bahwa essential oil kemenyan bisa membantu mengobati kanker ovarium.

Essential oil cengkeh (clove)

Setidaknya, ada 5 manfaat essential oil cengkeh yang perlu Anda tahu, diantaranya adalah:

  1. Membantu mengatasi nyeri akibat rematik dan radang sendi. Cara menggunakannya, encerkan minyak cengkeh kemudian gunakan untuk memijat area yang sakit.
  2. Bermanfaat sebagai anti jamur, terutama jamur jenis candi albicans.
  3. Minyak cengkeh juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi dan abses gigi. Cara memanfaatkannya, tuangkan satu tetes minyak cengkeh pada kapas, lalu tekan pada gusi atau gigi yang sakit.
  4. Bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan herpes simplex.
  5. Essential oil cengkeh juga bisa dimanfaatkan sebagai anti-bakteri untuk melawan E. coli, salmonella, helicobacter pylori, hingga streptococcus pneumoniae.

Essential oil peppermint

Daun mint memiliki kandungan mentol yang sangat tinggi. Karena itulah, daun ini juga banyak diolah menjadi essential oil yang dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti:

  • Membantu meningkatkan kewaspadaan dengan cara membangunkan sistem saraf. Bahkan, sebagian ahli lebih menyarankan kita agar mengutamakan essential oil peppermint daripada menggunakan kopi yang banyak mengandung kafein pada saat mengemudi jarak jauh. Selain cocok bagi driver yang sering mengemudi jarak jauh, essential oil peppermint juga sangat baik untuk anak ADHD.
  • Bisa digunakan untuk mengendorkan otot yang kaku dan menghilangkan rasa sakit, termasuk nyeri sendi dan rematik.
  • Bermanfaat untuk melemaskan otot-otot sistem pernapasan akibat alergi serbuk sari.
  • Bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan rasa mulas apabila dicampurkan ke dalam segelas air minum atau dengan cara digosokkan ke seluruh bagian perut.

Itulah beberapa contoh macam-macam essential oil dan fungsinya. Dalam memilih essential oil, pastikan Anda mencari dan membeli essential oil yang berkualitas tinggi (berlabel 100% minyak murni).

Lebih baik membeli yang mahal agar dapat barang berkualitas tinggi daripada membeli essential oil yang murah dan berpotensi menimbulkan masalah atau beracun akibat pencampuran dengan bahan kimia berbahaya.

Write a Comment