Essential oil untuk sakit gigi mungkin bukan hal yang familiar. Karena essential oil lebih populer sebagai minyak terapi yang digunakan untuk menenangkan pikiran.

Namun ternyata, ada beberapa essential oil yang baik untuk menjaga kesehatan gigi bahkan meredakan sakit gigi.

Banyak orang yang mengira jika essential oil itu sama dengan scented aromatherapy oil yang dalam proses penggunaannya dibakar untuk mengeluarkan aroma harum ke seantero ruangan.

Padahal essential oil merupakan minyak alami yang berasal dari ekstrak tumbuhan yang jika diolah lebih lanjut dapat mencegah berbagai penyakit mulut termasuk sakit gigi.

Inilah beberapa jenis essential oil untuk sakit gigi

Sakit gigi bukanlah penyakit berbahaya namun tetap saja bila dibiarkan begitu saja akan membuat rasa tidak nyaman. Untuk mengatasi kondisi tersebut, gunakan salah satu essential oil berikut ini:

1. Eucalyptus Oil

Di antara macam-macam essential oil dan fungsinya, mayoritas orang sudah tahu fungsi dari eucalyptus oil. Minyak alam ini memiliki efek alami yang mampu merangsang respons dari sistem kekebalan tubuh yang umumnya dimanfaatkan oleh penderita tumor sebagai terapi yang bersifat alami di samping kemoterapi.

Namun selain baik untuk penderita tumor, ternyata minyak ini juga baik untuk mengatasi sakit gigi karena bekerja dengan sangat aktif sebagai anti-kariogenik yang akan menghambat perkembangan bakteri yang menjadi penyebab utama karies gigi.

2. Cinnamon Oil

Merupakan salah satu essential oil yang mampu mencegah radang gusi serta menghambat dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi pada gigi berlubang. Kandungan alami dari cinnamon oil dapat melindungi permukaan gigi dari berbagai bakteri yang merusak.

Cukup larutkan beberapa tetes essential oil cinnamon dalam botol kecil berisi air lalu kocok sebentar hingga airnya tercampur merata dengan minyak baru gunakan sebagai obat kumur.

3. Tea Tree Oil

Dahulu suku Aborigin memanfaatkan tea tree oil ini untuk mengatasi infeksi mengingat tea tree oil bersifat anti bakteri, anti jamur dan anti virus.

Untuk mengatasi sakit gigi, penderita cukup oleskan secara merata tea tree oil terutama pada gusi dan gigi yang sedang sakit atau membengkak.

Pastikan tidak untuk menelannya dan hentikan penggunaan apabila muncul alergi tertentu.

4. Peppermint Oil

Tidak hanya baik untuk menenangkan pikiran, peppermint oil nyatanya mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak heran jika ada permen karet atau pasta gigi dengan rasa peppermint.

Campurkan 2 tetes essential oil peppermint dengan 4 essential oil minyak lemon pada dua cangkir air hangat, lalu aduk hingga merata untuk digunakan sebagai obat kumur alami. Pastikan berkumur selama 1 menit untuk hasil terbaik dan gunakan secara teratur hingga sakit gigi sembuh.

5. Clove Oil

Salah satu jenis essential oil untuk sakit gigi yang efektif mengobati tanpa memberikan efek samping adalah clove oil. Clove essential oil ini dihasilkan dari ekstrak bunga cengkeh yang diproses sedemikian rupa hingga menjadi clove oil.

Sifatnya sebagai antioksidan dan anti jamur efektif untuk memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit gigi. Untuk mengobati sakit gigi, oleskan clove oil langsung pada gigi yang sedang sakit atau dengan memakai kapas kecil bersih dan steril yang dibulatkan.

6. Lavender Oil

Merupakan essential oil untuk gigi sakit yang berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh fakta jika essential oil ini mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi sehingga rasa sakit pada gigi bisa berangsur-angsur berkurang.

Tidak hanya sebatas itu saja, essential oil lavender ini juga dapat digunakan pada anak yang mengeluh sakit akibat tumbuh gigi.

Cara penggunaannya sangat sederhana, cukup campurkan satu tetes essential oil lavender dan tambahkan dengan 1 sdm virgin coconut oil. Oleskan pelan-pelan pada gusi anak yang giginya sedang tumbuh. Anak mungkin rewel tapi ini baik untuk kesehatan giginya.

Dengan memahami dan mengenal jenis essential oil untuk sakit gigi setidaknya rasa nyeri yang menyiksa akibat sakit gigi bisa diredakan dan gigi cepat sembuh. Cara ini bisa dilakukan sehari-hari terutama jika memang sedang ingin mengurangi konsumsi obat-obatan termasuk obat sakit gigi yang dijual bebas di Apotek.

Write a Comment