Essential oil untuk rambut merupakan produk yang sama pentingnya dengan sampo atau kondisioner rambut terutama bagi wanita. Karena kandungan essential oil dipercaya mampu mengatasi rambut rontok, kusam dan rambut tipis.

Ada banyak sekali jenis essential oil yang dapat dimanfaatkan untuk menebalkan rambut dan menghilangkan ketombe nakal, bahkan tidak jarang kita menemukan sampo atau kondisioner yang sengaja menggunakan essential oil sebagai bahan utama.

6 Jenis essential oil untuk rambut sehat

Berikut jenis-jenis essential oil yang baik untuk rambut rontok, kusam maupun tipis:

1. Rosemary Oil

Di urutan pertama ada rosermary oil yang diperoleh dari ekstra bunga mawar.

Essential oil ini tidak hanya memberikan aroma wangi pada kulit kepala dan rambut namun juga efektif untuk melembutkan dan melebatkan rambut.

Kandungan alaminya konon mampu mencegah rambut rontok sekaligus menstimulasi pertumbuhan rambut.

2. Lemongrass Oil

Salah satu oil untuk rambut kering adalah lemongrass oil. Essential oil ini tidak hanya mengatasi kulit kepala kering namun juga yang mengalami gatal dan iritasi.

Dari hasil studi yang telah dilakukan 2015 lalu, terbukti jika minyak serai alami ini secara efektif mampu mengurangi ketombe terutama bila digunakan 1-2 minggu berturut-turut.

3. Lavender Oil

Dari hasil penelitian diperoleh sebuah fakta yang mengatakan jika essential oil lavender ini baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Cocok sekali untuk mereka yang memiliki rambut tipis dan masalah kerontokan. Sifat anti bakteri dan anti jamurnya baik untuk mengatasi gangguan jamur yang menyerang kulit kepala.

Sedangkan aromanya mampu untuk menenangkan, apalagi jarang sekali ada orang yang menggunakan lavender sebagai sampo. Hadi dari sekian banyak orang aroma sampo Anda akan sangat unik bahkan mengundang penasaran.

4. Peppermint Oil

Jika punya masalah rambut rontok, maka bisa memanfaatkan essential oil untuk rambut rontok berikut. Tidak hanya mengatasi rontok, peppermint oil juga baik untuk mengatasi ketombe.

Kandungan dari essential oil ini dipercaya dapat memperkuat folikel rambut jadi tidak akan mudah patah dan rontok meskipun rambut ditarik.

5. Cedarwood Oil

Jenis essential oil terakhir yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah rambut adalah cedarwood oil.

Kandungan cederwood oil efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulasi folikel rambut dengan sangat baik.

Mereka yang memiliki masalah rambut rontok bisa mencoba perawatan dengan cedarwood oil ini.

6. Chamomile Oil

Mungkin sebelumnya pernah melihat ada merk essential oil rambut yang memakai chamomile oil sebagai bahan utamanya.

essential oil ini memang baik untuk merawat rambut terutama rambut yang kusam dan rusak

Setelah pemakaian minyak secara teratur setiap hari, rambut kusam dan rusak akan berubah menjadi lebih lembut dan berkilau, aroma yang berasal dari chamomile juga baik untuk meredakan stres.

Cara memakai essential oil untuk merawat rambut

Bagi yang belum pernah melakukan perawatan rambut dengan essential oil, dianjurkan untuk simak penjelasannya di bawah ini:

  • Setelah membaca tentang jenis-jenis essential oil perawatan rambut di atas, tentunya sudah tahu mana jenis minyak yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah rambut. Misalnya ketika rambut kusam bisa menggunakan chamomile oil.
  • Campur chamomile oil tersebut secukupnya dengan minyak pelarut atsiri. Jika tidak bermaksud untuk langsung digunakan, simpan di wadah tertutup.
  • Essential oil rata-rata sangatlah kental, jadi sebenarnya Anda tidak perlu meneteskan essential oil tersebut terlalu banyak. Bahkan sekitar 2-3 tetes saja sudah cukup.
  • Jika ingin langsung memakai essential oil-nya, cukup tuang beberapa tetes pada telapak tangan lalu gosokkan dengan kedua tangan dan balurkan ke kulit kepala sambil sesekali dipijat lembut. Lakukan proses ini selama 3 menit.
  • Rambut bisa langsung dibilas setelah didiamkan maksimal 20 menit atau bisa dibawa tidur selama satu malam baru dibilas keesokan harinya dengan sampo yang biasa dipakai.

Itulah jenis essential oil untuk rambut dan bagaimana cara mengaplikasikannya pada kulit kepala. Lakukan perawatan alami ini secara teratur untuk hasil akhir yang memuaskan.

Jika tidak ingin repot dengan cara di atas, bisa langsung menambahkan essential oil pada produk perawatan rambut yang sudah biasa dipakai sehari-hari.

Write a Comment