Essential oil untuk flu sangat dibutuhkan terutama di musim hujan dengan udara yang lebih lembab dan dingin agar kondisi flu tidak semakin parah dan membuat kesehatan tubuh makin memburuk.

Essential oil dipilih supaya tubuh kita tidak memiliki ketergantungan dengan konsumsi obat-obatan kimia. Essential oil dibuat dari ekstrak tanaman sehingga lebih aman dan pilihan tepat bagi Anda yang menderita flu atau pilek.

Jenis-jenis essential oil untuk flu

1. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil sangatlah ampuh dipakai untuk melawan bakteri dan infeksi karena kandungan anti-bakteri serta anti-virus di dalamnya yang efektif melawan flu.

Selain itu, jenis essential oil ini juga bagus dalam menangkal virus bebas yang mencoba menginfeksi sel dalam tubuh.

2. Lavender Oil

Lavender sangatlah baik diracik sebagai essential oil karena di dalamnya mengandung properti antioksidan yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri dikenal sebagai molekul yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah sebabnya Lavender Oil bisa membantu menjaga kesehatan tubuh termasuk melawan sakit flu. Anda pun bisa menemukan banyak merk essential oil untuk flu dengan bahan Lavender oil.

3. Eucalyptus Oil

Eucalyptus mungkin lebih dikenal di pasaran sebagai salah satu bahan utama membuat minyak kayu putih.

Eucalyptus Oil mempunyai sifat anti-mikroba yang mampu meningkatkan dan memperbaiki sistem imun tubuh. Di dalamnya terkandung 1,8-cineole komponen yang bersifat anti-jamur dan anti-virus.

Itulah sebabnya oil ini memberikan dampak yang sangat bagus untuk mengatasi flu, demam dan bahkan masalah pernafasan lainnya. Selain itu, Eucalyptus Oil bisa membantu dalam melawan bakteri serta inflamasi.

4. Oregano Oil

Siapa yang menyangka kalau Oregano yang biasanya dikenal sebagai bumbu dapur ini dapat diracik menjadi salah satu jenis essential oil untuk flu? Kadar antioksidan yang ada di dalam oregano termasuk tinggi sehingga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pernafasan serta mencegah saluran pernafasan dalam tubuh terkena infeksi virus Patogen P. aeruginosa.

5. Peppermint Oil

Peppermint sudah lama dikenal sebagai essential oil untuk batuk pilek bayi dan orang dewasa. Selain itu, rasa segar dan dingin dari ekstrak daun peppermint-nya juga efektif dalam menyegarkan nafas, meredakan sakit tenggorokan dan memberikan energi.

Peppermint Oil sering dipadukan dengan jenis oil lainnya seperti Eucalyptus Oil dan sudah terbukti bahwa kedua campuran bahan tersebut sanggup meredakan gejala sinusitis.

6. Cinnamon Oil

Cinnamon atau kayu manis memiliki kandungan yang terbukti mampu membantu membersihkan saluran pernafasan serta mencegah penyebaran virus.

Hal ini karena kayu manis memiliki sifat yang hangat dan menenangkan tubuh. Itulah sebabnya kayu manis tak hanya digunakan sebagai bahan membuat essential oil, namun banyak juga orang yang meracik teh kayu manis demi menghangatkan tubuh.

7. Lemon Oil

Meminum air lemon setiap pagi saja sudah sangat bermanfaat dan baik bagi tubuh. Apalagi menghirup aroma Lemon essential oil yang berguna untuk melancarkan proses penyembuhan flu.

Kandungan di dalamnya terbukti dapat melawan bakteri penyebab flu dan Lemon oil ini juga membantu untuk menyegarkan tubuh dan meredakan stres.

8. Rosemary Oil

Ekstrak tanaman mawar yang digunakan untuk membuat Rosemary Oil bermanfaat dalam meredakan gejala flu. Tanaman mawar sendiri mengandung anti-bakteri dan anti-mikrobial yang selain dapat mengatasi flu juga bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri badan serta sakit kepala.

Selain itu, Rosemary Oil juga dapat mengatasi masalah pernafasan lainnya seperti bronchitis dan asma.

9. Menthol Oil

Hampir sama seperti Peppermint Oil, Menthol Oil juga memiliki aroma yang menyegarkan serta dingin. Bagi Anda yang mengalami gejala flu seperti sesak nafas, batuk berdahak maupun iritasi pada pernafasan maka dapat memanfaatkan oil satu ini.

Meskipun efek yang dirasakan hanya bersifat sementara, tapi oil ini dapat membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan bahkan demam karena flu atau pilek.

10. Ginger Oil

Ginger Oil dapat membantu mengatasi flu saat dikombinasikan dengan campuran oil lainnya seperti lavender dan juniper. Anda bisa meneteskan campuran oil tersebut ke dalam bak mandi atau menghirup aromanya.

Kombinasi dari bahan-bahan ini dapat membantu Anda lebih rileks serta menghangatkan tubuh, sangat cocok saat cuaca sedang dingin.

Untuk mengatasi flu, sakit batuk dan melegakan tenggorokkan cukup gunakan essential oil untuk flu ini sebagai pengganti obat kimia. Ambil secukupnya saja, bisa juga dibungkus dengan plastik transparan untuk dibawa ke luar rumah.

Write a Comment