Meskipun sebagian essential oil (minyak atsiri) bisa digunakan langsung tanpa perlu diencerkan atau dilarutkan, namun dalam banyak kasus, akan lebih baik jika diencerkan sebelum diterapkan atau digunakan. Selain lebih ekonomis, mengencerkan essential oil sebelum digunakan akan membantu mengurangi dampak atau efek samping yang bisa ditimbulkannya.

Salah satu cara mengencerkan essential oil adalah dengan menambahkan satu sendok teh pengencer (organic carrier oil) untuk satu atau dua tetes essential oil murni. Beberapa contoh bahan-bahan yang digunakan untuk pelarut atau pengencer diantaranya adalah: minyak kelapa murni, minyak almond, minyak rami, atau bisa juga minyak jojoba.

Apabila digunakan untuk anak-anak atau hewan peliharaan, dosis essential oil sebaiknya dikurangi. Hal tersebut untuk mencegah apabila kulit anak ataupun hewan tidak mampu mentoleransi dosis yang terlalu tinggi. Berikut adalah contoh beberapa macam essential oil dan cara menggunakannya.

Cara menggunakan essential oil

1. Dioleskan langsung pada permukaan kulit

Cara menggunakan essential oil yang pertama adalah dengan mengoleskannya langsung di permukaan kulit. Seperti minyak lavender misalnya, apabila dioleskan di sekitar leher, minyak ini bisa bermanfaat untuk: menenangkan pikiran, mengurangi stres dan membantu agar lebih mudah tidur di malam hari. Minyak lavender juga bisa dioleskan pada kulit yang digigit nyamuk atau serangga serta lebah.

Selain minyak lavender, beberapa contoh minyak atsiri lainnya yang bisa dioleskan langsung pada permukaan kulit diantaranya adalah: minyak cengkeh yang berguna sebagai anti jamur, bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi rasa nyeri pada rematik. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan dan memijat-mijat area yang sakit.

Essential oil lemon, adalah contoh essential oil lainnya yang bisa langsung digunakan di permukaan kulit. Minyak lemon bisa diterapkan pada permukaan kulit kepala sebelum kemudian dipijat-pijat. Manfaatnya adalah untuk membantu menyeimbangkan kelenjar minyak kulit kepala sehingga rambut tidak lagi terlihat kering dan kusam.

2. Dicampurkan dengan air mandi

Esensial memiliki aroma yang sangat kuat dan bisa memberikan efek tertentu terhadap tubuh dan otak. Selain digunakan langsung dengan cara dioles pada permukaan kulit, beberapa essential oil juga bisa dicampurkan dengan air yang akan digunakan untuk mandi.

Essential oil lavender contohnya, memasukkan satu atau dua tetes minyak ini ke dalam bak mandi yang berisi air hangat akan membantu memberikan rasa tenang dan bisa meningkatkan kualitas tidur.

3. Dicampurkan dengan minuman atau makanan

Minyak grapefruit contohnya, satu atau dua tetes minyak ini bisa dicampurkan ke dalam minuman (air putih) untuk meningkatkan metabolisme, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang kandung empedu dan hati untuk mempercepat proses detoksifikasi.

Selain essential oil grapefruit, essential oil lainnya yang bisa dicampurkan dengan makanan dan minuman adalah essential oil jeruk (orange essential oil).

Apabila dicampurkan ke dalam minuman, essential oil ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Essential oil lemon juga bisa ditambahkan pada adonan kue, masakan (seperti seafood), salad, atau berbagai macam hidangan lainnya.

4. Dihirup

Hampir semua essential oil bisa diambil manfaatnya dengan cara dihirup. Karena berbagai aroma yang berasal dari minyak atsiri ini dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Beberapa contoh jenis-jenis essential oil yang dapat memberikan ketenangan dan mengurangi stres saat dihirup antara lain:

Minyak kemenyan atau frankincense oil, essential oil lavender yang bermanfaat untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas tidur, minyak grapefruit bisa membantu mengusir kecemasan dan membantu mengatasi ngidam gula, essential oil peppermint apabila dihirup bisa melemaskan otot-otot sistem pernapasan yang kaku akibat serbuk sari (alergi).

Minyak rosemary bisa dimanfaatkan untuk menstimulasi sistem saraf pusat dan membuat pikiran jadi lebih jernih, essential oil eucalyptus adalah contoh essential oil lainnya yang apabila aromanya dihirup akan memberikan sejumlah manfaat seperti, membantu mengatasi infeksi saluran pernapasan dan meredakan serangan asma.

Itulah beberapa cara menggunakan essential oil. Beberapa essential oil bahkan bisa langsung dioleskan pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

Seperti essential oil orange contohnya, bisa langsung diteteskan pada bagian mulut yang terkena sariawan, bisa juga langsung digunakan pada luka untuk mencegah infeksi setelah tidak lagi berdarah dan sebelum ditutup dengan perban.

Write a Comment