Beberapa diantara Anda pasti ada yang pernah mendengar tentang essential oil (minyak esensial) atau dikenal juga dengan sebutan minyak atsiri.

Tapi, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan minyak esensial? Bagaimana caranya dibuat, dan apa sih kegunaannya?

Essential oil adalah senyawa hasil penyulingan dari tanaman Melalui proses penguapan atau dengan metode mekanis untuk mendapatkan esensi (aroma/rasa alami) tanaman yang diekstrak.

Minyak kayu putih contohnya, ini adalah minyak esensial yang diekstrak dari daun dan ranting kayu putih (M. leucadendra).

Minyak atsiri bisa ditemukan pada bagian-bagian tertentu pada tumbuhan seperti: batang, akar, bunga, daun, bahkan buah serta bijinya. Lebih dari 150 aneka tanaman aromatik mampu menghasilkan minyak atsiri.

Setelah selesai di ekstrak, minyak atsiri bisa dikombinasikan dengan bahan kimia lain (carrier oil) untuk membuat sebuah produk yang siap digunakan.

Selain essential oil yang didapat dari proses penyulingan atau ekstraksi dari tanaman, ada juga minyak esensial yang didapat melalui proses kimia.

Tapi biasanya, minyak esensial seperti ini tidak dianggap sebagai minyak esensial sejati.

Bagaimana cara menggunakan Essential Oil?

Bagaimana cara menggunakan Essential Oil?

Sebelum digunakan, minyak atsiri harus dihancurkan terlebih dahulu. Minyak atsiri umumnya digunakan  di luar tubuh dengan cara dihirup sebagai aromatherapy atau dioleskan pada kulit agar bisa terserap oleh tubuh.

Aroma dari esensial oil yang bermacam-macam bisa menstimulasi otak dan mempengaruhi perilaku, emosi, dan memori dalam jangka panjang. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang memanfaatkan essential oil untuk merangsang dan mengatasi berbagai macam masalah.

Misal, untuk memberikan perasaan rileks serta untuk meredakan stres.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat essential oil, Anda bisa membaca ulasan singkat di bawah ini.

Manfaat kesehatan dari minyak esensial

1. Stres, kecemasan, dan depresi

Menggunakan minyak esensial selama memijat dapat menghilangkan stress meskipun efeknya hanya dirasakan selama kegiatan berlangsung.

Beberapa contoh minyak esensial yang bisa membantu mengurangi stress depresi dan rasa cemas diantaranya adalah minyak lavender, mawar, mint, serai, dan, esensial jeruk

2. Mengatasi insomnia

Beberapa minyak mampu dan telah terbukti secara positif mempengaruhi kualitas tidur wanita terutama mereka yang melahirkan serta pasien yang memiliki penyakit jantung.

Oleh karena itu, essential oil diyakini bisa mengatasi insomnia.

3. Mengurangi peradangan

Minyak lavender dapat membantu mengurangi peradangan karena memiliki efek anti-inflamasi.

Cara memilih essential oil yang tepat

Cara memilih essential oil yang tepatKarena memiliki manfaat yang sangat banyak, maka tak mengherankan apabila essential oil  banyak diminati.

Terutama untuk memberikan efek yang menenangkan dan untuk membantu mengatasi stres hingga rasa cemas berlebihan.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli, memilih dan mencari minyak atsiri sebenarnya sangat mudah.

Apalagi, saat ini semakin banyak kita temukan toko online yang menjual essential oil berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau.

Walaupun terkesan mudah, namun sebagian anda pasti ada yang membutuhkan panduan atau tips membeli essential oil agar mendapatkan yang terbaik bukan?

Nah, agar tak salah beli cobalah mengikuti panduan singkat berikut ini.

1. Perhatikan kemurniannya

Biasanya kirimi mencantumkan nama-nama botani tanaman tersebut.

2. Kualitas

Minyak atsiri yang berkualitas ditandai dengan adanya paling sedikit perubahan yang diakibatkan oleh  proses ekstraksi. Minyak yang memiliki kualitas tinggi hanya menggunakan senyawa tanaman murni.

3. Reputasinya

Memang tidak mudah untuk membedakan dan memilih essential oil yang murni atau banyak campuran. Namun, dengan melihat reputasi yang didapatkan dari pengguna sebelumnya akan memudahkan Anda untuk menilainya.

Selain itu, akan lebih mudah lagi mendapatkan minyak atsiri ini atas rekomendasi teman atau orang yang Anda kenal yang sudah berpengalaman menggunakannya.

Write a Comment